DIFFERENT CITY, DIFFERENT WEDDING PARTY

Well, malem minggu nih gw pergi ke resepsi pernikahan. Meskipun ujan-ujan pergi juga.. *niat.. haha.
This is my first time going to a wedding party without my parents, and instead going with my boyfriend.
Ini juga pertama kali gw pergi ke resepsi pernikahan selaen di Jambi (my hometown).
Eniwei, yang gw mau share adalah gw menemukan beberapa perbedaan (budaya) antara resepsi pernikahan di Bandung (Jawa umumnya) dengan resepsi pernikahan di Jambi. Khususnya resepsi pernikahan  Tionghoa dengan sistem makan di meja / sitting dinner/ cia ciu.
Mungkin beda restoran juga beda adatnya sih, tapi yah inilah yg gw temukan:
1. Pembawa acaranya pake bahasa Indonesia. Fyi, kalo di Jambi tuh pembawa acaranya biasa pake bahasa Mandarin, atau dialek China lainnya. Jadi, bahasa Indo cuma dikit digunainnya. 
Yah inilah yang nunjukin banget bedanya kehidupan masyarakat Tionghoa di Jambi (sumatra) dan di Bandung (Jawa). Kalo di Sumatra masih banyak bahasa Mandarin dan dialek2 laen yang digunakan, kalo di Jawa tinggal dikit yang bisa dan jarang dipake.
2. Pembawa acaranya ga lucu!! Ga tau yah ini sebenernya sih tergantung yang punya acaranya. Tapi kan pada umumnya kalo di Jambi pembawa acaranya tuh humoris jadi acaranya lebih hidup. wkwkwk.
3. Minumnya teh tawar… Zzzzzz… Kalo di Jambi minumnya minuman kaleng beraneka macam dan ada bir juga. Kirain awalnya doank pas makanan belum dateng minum teh tawar dulu, taunya smpe pulang teh lagi…
4. Penyanyinya  merangkap pembawa acara dan ada penyanyi satu lagi ganti2an. Beda banget kalo di Jambi kan penyanyinya dari tamu yang hadir jadi karaoke. Dengan karaoke gini sih menurut gw lebih rame lebih akrab.. En lagu yang dinyanyiin bahasa Inggris semua(mending sih daripada bahasa Indo.. haha. Tp gw prefer Mandarin sebagai cara untuk melestarikan budaya juga)
5. Pengantinnya ga nganterin tamu pulang dengan baris di pintu masuk.. Di Jambi sih kalo udah selesai acara, pengantinnya dan keluarga baris di pintu masuk terus tamunya pulangnya berbaris nyalamin pengantin. Kalo di Bandung tamu mau pulang ya pulang aja paling pamitan sekedarnya sama pengantin.
6.  Acaranya cuma 2 jam (18.oo -20.oo)??Cepet bangeeeet…
Kalo di Jambi sih acaranya di undangan mulai 17.00 dan pulangnya bisa ampe jam 21.30..
Kayaknya itu aja, ga apa2 postnya ga penting.. yang penting eksis.. :p hahahaha.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s